Saturday, February 2, 2013

Resep Pesto Ramsons (Bärlauchpesto)

Daun Ramsons disebut juga buckrams atau wild garlic atau broad-leaved garlic atau bear leek atau bear's garlic. Bahasa latinnya Allium ursinum. Tapi kalau di jerman orang menyebutnya Bärlauch. Biasanya tanaman ini tumbuh lebat pada musim semi, skitar bulan Maret dan April. Tahun lalu kami memetik sekali banyak sekali daun Bärlauch ini dari hutan di Johanisberg, setiap memetik bisa sampai 5 kilo loh, hihi. Rasa daun ini paling enak kalau dipetik sebelum berbunga, karena kalau sudah berbunga, daunnya beracun, kalau yang ini sih kata temenku loh ya.Kenyang deh makan Bärlauch terus.
Daun ini juga baik untuk kesehatan, dan juga digunakan sebagai terapi penyakit-penyakit tertentu di dunia kedokteran. Salah satunya adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan, karena daun ini mengandung efek antibakteri. Berikut adalah salah satu masakan yang dibuat dari daun Ramsons.

Pesto Ramsons by reseptriandari.blogspot.com
 

Bahan :
500 gr daun Ramsons
80 gr keju parmesan
80 gr Pine nut yang sudah dikupas dan disangrai
250 ml minyak zaitun
garam
merica

Cara membuat :
  • Cuci daun Ramsons dan keringkan.Potong-potong dan  bersama dengan bahan yang lain hancurkan dengan blender.
  • Beri garam dan merica  Cicipi.
  • Simpan di dalam gelas kedap udara yang bersih di dalam kulkas.
  • Jika Pesto disimpan dengan suhu yang dingin, maka pesto ini bisa bertahan selama satu tahun, karena daun ini bersifat antiseptik.
  • Pesto ini bisa digunakan untuk Pasta, Saus, dan Salat.
Selamat Menikmati!

No comments:

Post a Comment