Sunday, January 6, 2013

Resep Kue Kastengel


 Saat Natal kan tiba, yang terbayang-bayang selalu acara buat kue bersama di rumah, dan yang selalu dibuat adalah kue kastengel, rasa kejunya buat orang ketagihan, sampai tidak teringat jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.







Kastengel by reseptriandari.blogspot.com


Bahan :
125 gr salted butter (atau butter/mentega dengan 1 1/2 sdt garam)
2 buah kuning telur
25 gr tepung jagung / maizena / cornstarch
150 gr tepung terigu (all purpose flour)
125 gr keju tua ( saya pakai keju Gouda yang mittelalt yang diparut sendiri)
1/4 sdt baking powder

Untuk olesan :
50 gr keju parut
1 kuning telur

Cara membuat :
  1. Campur salted butter (mentega dan garam) dan kuning telur dengan menggunakan mixer di dalam baskom adonan. Tidak perlu terlalu lama, cukup sampai mentega dan kuning telur tercampur.
  2. Campurkan keju, tepung terigu dan maizena ke dalamnya, dan aduk dengan batang mixer yang berbentuk spiral. Bila kurang tercampur rata bisa dibantu dengan tangan, tapi tidak untuk diuleni, melainkan hanya diratakan dengan jari-jari tangan saja
  3. Satukan adonan sehingga membentuk bola besar.
  4. Ambil adonan sebagian, lalu dibentuk sesuai selera. (Lebih baik dibentuk tipis dan tidak terlalu lebar, agar kue menjadi matang seluruhnya)
  5. Letakkan adonan yang sudah dibentuk pada loyang yang sudah dilapisi kertas anti lengket atau yang sudah diolesi mentega.
  6. Panggang dalam oven 180 derajat Celcius selama15 menit, usahakan loyang berada di urutan  tengah pada oven (Tidak terlalu atas atau tidak terlalu bawah)
  7. Angkat dan dinginkan.
Selamat menikmati!

No comments:

Post a Comment