Friday, February 8, 2013

Resep Pempek Palembang

Lagi kangen makan Pempek, sampai dua hari berturut-turut buat Pempek terus. Hari pertama pakai ikan Pangasius, dan tepung kanji setengahnya diganti tepung jagung hasilnya ok. Hari kedua, ikan Pangasius habis dan tepung kanji benar-benar tidak tersisa. Jadinya ikan yang dipakasi ikan Alaska-Seelachs dicampur ikan Lacsh (Salmon Merah), dan tepungnya menggunakan tepung jagung saja sabagai ganti tepung kanji. Kesimpulannya emang hasil Pempek hari pertama lebih baik.
Kalau membuat Pempek sendiri, tentunya kita bisa lebih yakin, kalau campuran adonan itu ikan yang berkualitas baik, dan yang pasti lebih nikmat makannya. Silahkan mencoba resep yang di bawah ini!

Pempek by reseptriandari.com
    
Bahan :
500 gr daging ikan belida/tenggiri (saya pakai ikan Pangasius/Patin Siam fillet yang masih dingin, karena yang ada di kulkas hanya itu)
6 sdm air es
2 sdm tepung terigu
150 gr tepung kanji (berhubung tepung kanji tinggal 85 gr, jadi setengahnya lagi saya pakai tepung jagung, tapi jadinya tetap ok loh )
2 sdt garam
1/2 sdt vetsin

Cara Membuat :
  1. Didihkan air dalam panci besar.
  2. Haluskan daging ikan yang dingin dengan blender.
  3. Masukkan air es, vetsin dan garam. Beri tepung terigu dan tepung kanji. Campur dengan menggunakan jari-jari tangan yang bersih (bukan diuleni) sampai terbentuk adonan yang rata dan mudah dibentuk.
  4. Bentuk adonan. 
  5. Masukkan adonan ke dalam air yang sudah mendidih, tunggu sampai adonan mengapung,angkat dan dinginkan.
  6. Goreng Pempek dalam minyak panas sampai kecoklatan.
  7. Pempek siap disantap dengan bahan pelengkap dan cuko.
Selamat Menikmati!

No comments:

Post a Comment